Trend Wisatawan Domestik di 2014
Sebuah survei dilakukan situs pencarian perjalanan global, Skyscanner. Menyebutkan bahwa trend wisata Indonesia tahun 2014 bakal mengalami pertumbuhan menggembirakan dengan maraknya wisatawan nusantara (wisnus) yang melakukan perjalanan wisata di dalam negeri.
Tika Larasati, Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner untuk Indonesia, di Jakarta, Jumat (20/12/2013) mengutarakan bahwa hal ini pun dipacu oleh upaya Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang semakin menggalakkan pariwisata dalam negeri.
Diperkirakan bahwa tahun 2014 akan mengalami peningkatan perjalanan lewat udara. Hal itu sejalan dengan melonjaknya lalu lintas udara pada 2013 serta wisatawan yang bergantung pada perjalanan udara yang akan menjadi perhatian utama pariwisata di Indonesia.
Hal yang mendukung perkiraan tersebut adalah adanya 12 bandara baru yang dibuka tahun 2013, tujuh lainnya menyusul tahun 2014 dan tambahan lima bandara dibuka pada 2015. Perluasan rute akan memberi masyarakat Indonesia lebih banyak pilihan berwisata dengan pertimbangan kenyamanan, penerbangan menjadi lebih populer di 2014.
Selain pembangunan bandara baru di Tanah Air, penambahan banyak hotel-hotel mewah di daerah juga mendukung aktivitas dan peningkatan jumlah wisnus.
Memasuki tahun 2014, Skyscanner pun melakukan prediksi tren wisata tahun 2014 dimana wisata dalam negeri akan terus tumbuh khususnya liburan akhir pekan. Kebijakan cuti bersama dari pemerintah memberi tambahan hari libur akan membuat liburan akhir pekan lebih panjang dan mendorong wisata domestik untuk melancong.
Tujuan yang dipilih wisatawan diprediksi adalah yang menawarkan beragam atraksi wisata namun masih relatif dapat terjangkau biaya, budaya, bahasa dan jarak. Ada 10 besar destinasi dalam negeri yang popular dan diperkirakan banyak dikunjungi, yaitu berikut ini.
sumber: http://www.indonesia.travel/id
- Labuan Bajo
- Belitung (Tanjung Pandan)
- Pontianak
- Bandung
- Malang
- Pangkalpinang
- Mataram
- Bali (Denpasar)
- Tarakan
- Bandar Lampung
No comments:
Post a Comment